LAMTIM -(deklarasinews.com)- Sebagai salah upaya untuk mengikis habis stigma negatif yang selama ini di luar daerah, dan pulau dikenal sebagai Kampung Begal Warga Kecamatan Jabung Lampung Timur (Lamtim), mengembangkan potensi wisata keluarga. Potensi tersebut, yakni Objek Wisata Way Guruh yang terletak di Desa Negara Batin Jabung, Lamtim.

“Obyek Wisata ini merupakan sebuah pemandian dari aliran sungai yang menyerupai guruh, dilengkapi Saung (Gubuk untuk bersantai) sembari menikmati pemandangan alami Pedesaan yang masih asri dan asli. Alamsyah dan Agus warga setempat, saat berbincang -bincang dengan media Ini di objek wisata tersebut.

“Ia mengatakan, dibukanya objek wisata keluarga ini sebagai salah satu upaya dan langkah masyarakat  untuk membangun sektor pariwisata. “Kemudian, lanjut dia, untuk menghilangkan stigma negatif masyarakat Jabung yang di luar daerah dan pulau dikenal sebagai Kampung begal,” ujarnya

“Dibukanya tempat wisata ini, adalah sebagai salah satu langkah dan upaya kami warga, untuk membangun pariwisata dan menghilangkan stigma negatif Jabung sebagai Kanpung Begal,” kata Alamsyah .

Pantauan media ini di lapangan, objek wisata ini pemandangannya sangat bagus dan menarik dan sangat layak untuk dikembangkan menjadi sebuah objek wisata pemandian. Saat ini Objek Wisata Way Guruh masih membutuhkan penambahan berbagai fasilitas dan sarana prasarana penunjang seperti akses  masuk dan jaringan listrik PLN

Karena selama ini aliran Listrik yang ada masih menggunakan kincir air serta sumbernya dari Way Guruh itu sendiri. Menurutnya, keberadaan Way Guruh saat  ini sangat membutuhkan kehadiran pemerintah melalui Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemkab Lamtim dan Pemprov Lampung untuk membantu mencarikan investor yang ingin beriventasi menanamkan modal untuk mengembangkan objek wisata tersebut.

“Adapun route untuk menuju ke objek wisata Way Guruh, berjarak sekitar  300 Km dari Bandar Lampung dan dapat di tempuh dengan 3 jam perjalanan darat dengan Route Bandar Lampung – Kodya Metro – Lampung Timur, terus melalui  ke arah Kecamatan Labuhan Maringgai – Gununng Pelindung – Kecamatan Jabung,” jelasnya.

Kemudian, kata dia, bila pengunjung datang dari Pulau Jawa dapat menempuh perjalanan sekitar  250 Km dari pelabuhan 2,5 Jam perjalan melalui Jalan Lintas Timur menuju Ketapang -Pematang Pasir-Sragi – Kecamatan Pasir Sakti-Kecamatan Labuhan Maringgai -Melinting-Gunung pelindung dan Jabung.

Di lain sisi  mandi di objek wisata  ini,  di sertai  dengan sertai pengobatan tradisional  oleh Saleh (40) Warga Setempat dengan izin Allah dapat menyembuhkan berbagai penyakit. “Alhamdulilah, kesehatan saya sekarang sudah membaik setelah mandi di Way Guruh,” kata toni Warga Labuhan Maringgai. (Mahdi/RS)