BANDAR LAMPUNG -(deklarasinews.com)– Winda Arsanti, mahasiswi Diploma III Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unila, angkatan tahun 2022, meraih prestasi gemilang sebagai pemenang Program Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat universitas.

Kesuksesan ini didapat atas karyanya yang mengintegrasikan sistem pendukung keputusan cerdas dalam pengelolaan aset perpustakaan, dengan fokus pada optimalisasi layanan dan pengurangan emisi untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs).

Karya inovatif yang diusung Winda berjudul “Integration of Intelligent Decision Support System in Library Asset Management for Service Optimization and Emission Reduction towards Sustainable Development Goals”.

Inovasi yang ditawarkan Winda melalui proyek risetnya membawa dampak signifikan pada dua poin kunci dari SDGs, yaitu poin 7 dan 13. Poin 7 mengenai energi bersih dan terjangkau, serta poin 13 yang menggarisbawahi tindakan terhadap perubahan iklim.

Melalui prototipe yang diciptakan, yakni Intelligent Decision Support System (IDSS), Winda berhasil menciptakan solusi inovatif dalam pengelolaan aset perpustakaan. IDSS tidak hanya mengoptimalkan layanan perpustakaan, tetapi juga secara efektif membantu mengurangi emisi, menjadikannya terintegrasi dengan prinsip-prinsip SDGs.

Winda Arsanti berhasil meraih penghargaan Pilmapres membuktikan, dengan fokus pada pengembangan berkelanjutan, ia menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berinovasi demi mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Semoga dapat membawa nama baik Universitas Lampung hingga ke tingkat nasional dan tetap terus berkarya serta menjadi seseorang yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar saya,” ujarnya.(Red)

Tinggalkan Balasan