PAPUA -(deklarasinews.com)- Iklim Politik Indonesia kian memanas menjelang digulirkannya pesta demokrasi tahun 2024 mendatang, banyak tokoh-tokoh politik yang beredar di ruang publik baik sebagai bakal Calon Presiden dan juga Bakal Calon Wakil Presiden, beberapa Partai Politik baik Partai Nasdem, Gerindra, maupun, PDIP telah membentuk koalisi untuk menyambut datangnya pesta demokrasi tersebut.

Menyikapi hal tersebut dari ujung timur indonesia seorang Tokoh Adat asal Tanah Tabi, Yo Ondofolo Babrongko Umadruow Ramses Wally,  memiliki pandangan tersendiri, menurut Ramses Wally bahwa, jika melihat dari munculnya calon Presiden dari kalangan sipil di luar maka hendaknya perlu diimbangi dengan wakil dari kalangan baik TNI maupun Polri, hal ini sudah barang tentu memiliki pandangan tersendiri, Ramses melihat bahwa kondisi saat ini negara Indonesia saat ini berada di dalam situasi yang memprihatinkan, misalnya kita sebut saja Kasus Korupsi, lalu apalagi ancaman disintegrasi bangsa, tutur Ramses.

Lebih lanjut, Ramses menyampaikan kondisi  Geopolitik Indonesia yang harus lebih fokus dalam menata kajian-kajian terkait geografi, strategi, serta politik   dalam negara secara utuh, dimana indonesia juga tak dapat menghindari kondisi politik dunia yang terjadi di kawasan Pasific, jika tidak hati-hati akan berdampak pada keutuhan negara republik indonesia, oleh sebab itu menurut hemat kami bahwa Wakil Presiden yang dianggap pantas mendampingi calon Presiden dengan latar belakang sipil adalah mereka yang memiliki latar belakang Militer, baik TNI maupun Polri.

Jika menyinggung terkait latar belakang Militer, baik TNI maupun Polri, dari TNI kita lihat sudah ada muncul nama calon presiden dari Partai Gerindra Pak Letnan Jenderal TNI H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo, yang telah dicalonkan untuk menjadi Presiden. Tapi menurut Ramses Wally bahwa dari TNI ada beberapa Calon yang bisa dijadikan Wakil Presiden Yakni Jenderal TNI Muhammad Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., Ph.D. yang selain memiliki rekam jejak sangat baik, Ramses melihat bahwa kemampuan pak andika dari sisi akademis cukup mumpuni untuk menjadi Wakil Presiden, saya rasa semua orang di Indonesia mengetahui dengan jelas siapa Andika Perkasa tutur Ramses Wally.

Ramses sendiri justru memiliki ketertarikan justru kepada satu figur yang sangat fenomenal prestasinya, sebut saja peran besarnya dalam penanganan Pandemi Covid-19 di Indonesia, tokoh yang dimaksud Pria Kelahiran Sentani ini adalah Jenderal Polisi Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D. dalam sejarah Indonesia Wakil Presiden dan Wakil Presiden dari kalangan Tentara Nasional Indonesia sudah banyak kita jumpai, namun kata Ramses bahwa Pak Budi Gunawan sebenarnya adalah kuda hitam yang harus diperhitungkan, kepada Badan Intelijen Negara tersebut oleh  Yo Ondofolo Babrongko Umadruow Ramses Wally dinilai sangat mumpuni dan layak untuk diberikan kepercayaan oleh Ketua Umum Partai PDIP untuk memutuskan Wakil Presiden sebagai pasangan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Kemampuan Kepala BIN ini sudah sangat mumpuni untuk di ikut sertakan dalam bursa calon wakil presiden, dari kemampuan manajerial, indikator responsiveness, leadership, dan regulasi atau kebijakan pengelolaan isue radikal maupun teroris baik yang bersifat lokal maupun Internasional, sehingga Kami selaku Ondofolo Babrongko juga akan memberikan dukungan kepada Pak Budi Gunawan untuk menjadi Wakil Presiden karena sangat pantas dan sangat layak dilihat dari rekam jejak beliau, tutur Ramses Wally.(Jhon | iD)