YAPEN -(deklarasinews.com)- Menjelang Sail Teluk Cenderawasih (STC) bulan November 2023 mendatang, berbagai persiapan dilakukan pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen. Salah satu lokasi penghasil komoditas unggulan daerah yang sudah cukup terkenal dan merupakan produk unggulan Yapen yaitu Kopi Ambaidiru menjadi perhatian utama untuk disiapkan.

Penjabat Bupati Cyfrianus Yustus Mambai, S.Pd, M.Si, di dampingi Kapolres Kepulauan Yapen AKBP. Herzoni Saragih, Ketua TP PKK Kepulauan Yapen, Ny. Rosita Mambay, Kepala Bappeda, Kadis Pertanian, Kadis Perdagangan, Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan Kadis Dukcapil beserta rombongan lainnya  untuk memastikan kesiapan dengan melakukan kunjungan ke 5 Kampung di wilayah Pegunungan Muman Ambaidiru Distrik Kosiwo, Jumat, 17/02/23.

Sail Teluk Cendrawasih (STC) yang akan terlaksana bulan November ini menghadirkan pengunjung luar Yapen sebagai wilayah Kepulauan berbukit akan memperkenalkan salah satu komoditas uggulan berupa kopi Ambaidiru yang otomatis sebagai Icon potensi yang akan di tampilkan pada STC selain Ikan Baramundi dan Rumput Laut dan potensi wisata lainnya.

“hari ini kami ingin memastikan di masyarakat terkait dengan ketersediaan bahan baku kopi, melihat langsung lahan dan peralatan untuk bagaimana kita mengemas kopi ini dari bahan mentah kemudian dikelola sampai menjadi bahan yang siap dikonsumsi, sehingga kunjungan hari ini pun juga sekaligus dalam rangka mendukung STC, ucap Pj. Bupati Cyfrianus.

Untuk kesiapan lapangan, demi mobilitas warga maka selaku Pj Bupati Kepulauan Yapen Cyfrianus Yustus Mambai menyerahkan 1 unit Mobil Trans Desa untuk dimanfaatkan oleh Badan Usaha Milik Desa yang diterima oleh Bumdes yang berada dikampung  Numaman yang akan digunakan sebagai  transportasi warga di 5 kampung dalam rangka persiapan suksesi STC.

Selain itu pada kesempatan tersebut bersama-sama dengan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil hadir juga menyerahkan secara simbolis Akta Nikah dan juga Akta Kelahiran  yang telah disiapkan Dinas Kependudukan kepada masyarakat di 5 kampung yang ada di distrik Kosiwo.

“selain itu saya juga ingin memastikan bahwa Ambaidiru sesungguhnya merupakan sebuah potensi wilayah yang terletak dipegunungan Kepulauan Yapen yang sangat berpotensi sekali untuk mengembangkan wisata alam di sini” tutur Pj Bupati Mambai.

“kalau diBandung ada Tangkuban Perahu, Jabodetabek ada Wisata puncak Bogor, Malang ada Batu, maka di Yapen ada Ambaidiru” jadi situasi seperti ini sangat menyejukkan.

“karena itu wilayah ini harus menjadi wilayah konservasi yang tidak hanya saja kita melakukan konservasi terhadap alam tetapi kita juga melakukan konservasi terhadap manusia sehingga alam ini tetap terjaga potensinya tetap kita kembangkan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Yapen”

Terutama dengan ajang Sail Teluk Cendrawasih nanti, Kopi merupakan komoditas unggulan Yapen yang merupakan peninggalan dari Kopi zaman Belanda yang masih dirawat masih dikembangkan hingga saat ini.

Urai Pj. Bupati Mambai bahwa kunjungan ini juga ditemukan ternyata di Ambai Biru di 5 Kampung ini ada juga tanaman Vanili yang sudah dikembangkan oleh warga, kita tahu bahwa Vanili ini mempunyai harga ekonomi dan tinggi 1 kilo bisa berkisar antara 3 – 5 juta dan di sini warga sudah tanam dan cukup subur tetapi belum ditanam baik sehingga pada kesempatan ini saya menyarankan masyarakat di 5 Kampung agar selain menanam kopi, perlu ada pembukaan lahan-lahan khusus lagi untuk Vanili sehingga ini menjadi daya dongkrak ekonomi masyarakat.

Dalam kunjungan ini juga didampingi Kapolres dan beberapa pimpinan OPD supaya harus bersinergi dalam rangka mempersiapkan kopi itu mulai dari Panen, Pasca panen dengan pengolahan sampai dengan mempersiapkan alat hingga pengemasan dengan baik, dan ini sesuatu yang saya pikir luar biasa.

Sekaligus pada berkesempatan ini, saya mengajak masyarakat di 5 kampung agar menjelang Pemilu tahun 2024 hingga 2025, saya berharap masyarakat menjaga situasi Kamtibmas supaya situasi tetap aman sehingga pembangunan tetap berlangsung, giat penanaman dan produksi Kopi tetap berlangsung dan daya tarik turis mancanegara saat berkunjung bisa aman lancar karena situasinya aman, bebernya menutup wawancara. (Zack).