CILACAP -(deklarasinews.com)- Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun 2024 di Desa Kalikudi, Kecamatan Adipala, resmi ditutup. Upacara penutupan di Lapangan Desa Kalikudi Rabu (20/3/2024) ini, menandai berakhirnya serangkaian kegiatan pembangunan dan sosialisasi bagi masyarakat setempat.

Dandim 0703/Cilacap selaku Dansatgas TMMD, Letkol Inf Andi Yuliazi, S.E., M.I.P., dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur dan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang terlibat.

“Kami berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, pemerintah daerah, dan instansi terkait yang telah bahu-membahu menyukseskan program TMMD ini,” ujarnya.

Selama TMMD berlangsung, berbagai kegiatan fisik dan non fisik telah dilaksanakan. Termasuk pembangunan rabat beton sepanjang 364 meter x 2,75 meter, 100 meter x 2 meter, 120 meter x 1,5 meter, dan 260 meter x 3 meter. Kemudian talud sepanjang 95 meter, gorong-gorong plat, dan rehab RTLH 3 unit. Selain itu, kegiatan non fisik seperti penyuluhan kesehatan, sosialisasi wawasan kebangsaan, pelatihan furniture (mebeler) dan pelatihan kewirausahaan juga telah memberikan kontribusi signifikan terhadap kualitas hidup masyarakat.

Penjabat Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri, dalam pernyataannya usai upacara penutupan mengungkapkan rasa syukur dan apresiasi atas terlaksananya kegiatan TMMD sesuai target, baik fisik maupun non fisik. Pihaknya juga menyampaikan terimakasih kepada TNI dan seluruh pihak yang mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

“Kita tentunya berharap ini bermanfaat bagi masyarakat, dijaga dengan baik agar tetap awet bisa digunakan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu Nartam Kepala Desa Kalikudi mengatakan bahwa dengan adanya kehadiran TMMD Sengkuyung tahap satu Kodim 0703/Cilacap sangat banyak manfaatnya.

“Khususnya pembangunan jalan yang menghubungkan Desa Kalikudi menuju Desa Kalijaran dan juga menghubungkan Kecamatan Maos, jalan tersebut juga melintasi di tengah-tengah sawah sehingga juga bisa menjadi jalan usaha tani bagi kedua masyarakat kedua kampung tersebut,” ungkap Nartam.

Usai upacara, Forkopimda menyempatkan diri meninjau stand UKM yang menjual berbagai produk makanan. Selain itu juga meninjau hasil program TMMD baik Jalan maupun RTLH.(rin/dn/ss)

Tinggalkan Balasan