NIAS BARAT -(deklarasinews.com)- Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat  Sozisokhi Hia, MM mewakili Bupati Nias Barat membuka pelaksanaan Sosialisasi Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kantor Camat Sirombu, Rabu (15/03/2023).

Pelaksanaan Sosialisasi Kampung Siaga Bencana tersebut berlangsung 3 hari, 15-17  Maret 2023, untuk dikepulauan Nias, hanya Kabupaten Nias Barat yang menjadi sasaran dari Kementerian Sosial.

Sekda mengatakan,  Pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB)  menjadi salah satu upaya keseriusan Pemerintah untuk hadir ditengah-tengah masyarakat dalam meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dan keterampilan masyarakat untuk penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Nias Barat.

Pembentukan Kampung Siaga Bencana diharapkan bisa meningkatkan kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan dalam pengurangan resiko bencana dan penanggulangan bencana.

“Melalui kegiatan ini dapat tercapainya sinkronisasi program dan kegiatan penanggulangan bencana antara Kementerian Sosial RI dengan Pemerintah Kabupaten Nias Barat serta stakeholder terkait,” harapnya

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kadis Sosial Yudi Suprapti, Camat Sirombu, Narasumber Andri Firmansyah (Penyuluh Sosial Muda),  Ade Hermawan (Praktisi Tagana Center), Cahyani Pangesti (Staf PSKBA) dan Peserta Sosialisasi Warga Kecamatan Sirombu.(Toro Harefa)