BANDARLAMPUNG -(deklarasinews.com)- Bagi bikers yang selalu melakukan aktivitas menggunakan sepeda motor, pastinya wajib menggunakan riding gear atau perlengkapan berkendara lengkap ketika mengendarai sepeda motor. Tujuannya untuk membuat pengendara tetap aman dan nyaman ketika berkendara. Selain aman dan nyaman, menggunakan riding gear juga dapat menjadi stylish atau gaya ketika kita sedang berkendara.

Helm merupakan salah satu  perlengkapan berkendara yang paling penting untuk selalu digunakan saat berkendara. Berbagai macam jenis helm bisa digunakan mulai dari jenis full face dan open face yang paling penting adalah untuk melindungi kepala bagian belakang dan rahang kepala kita.

Safety Riding Instruktur Honda PT. Tunas Dwipa Matra Lampung (TDM), Tri Munardi, menjelaskan. “Saat memilih helm, pengendara wajib memastikan bahwa ukuran helm yang digunakan pas dengan ukuran kepala. Tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar, karena jika tidak nyaman akan mengurangi kenyamanan dari helm itu sendiri.”

Pengendara juga dapat memilih model helm sesuai dengan selera ataupun menyesuaikan dengan jenis motor yang digunakan. Apabila menggunakan motor dengan tipe sport, helm full face merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan.

Dalam menggunakan helm jenis helm full face, pengendara harus memperhatikan beberapa hal khusus ketika berkendara karena ada beberapa kondisi yang harus disesuaikan dengan visibilitas penglihatan pengendara dan mungkin dapat berbahaya apabila salah reaksinya.

Helm full face merupakan helm yang paling aman karena melindungi keseluruhan kepala kita, namun ada bagian kiri dan kanan pengendara yang menjadi blind spot atau titik buta yang tidak terlihat oleh mata pengendara secara jelas karena terhalangi oleh bagian helm. Maka dari itu, untuk antisipasi yang bisa pengendara lakukan adalah selalu menjaga pandangan saat berkendara.

Pastikan bahwa mata dan kepala kita melihat menuju arah yang akan di tuju agar bisa mengetahui kondisi jalan atau potensi bahaya yang mungkin ada di sekitar pengendara. Sehingga pengendara akan tau keputusan yang akan di ambil dan tidak akan mengakibatkan salah saat prediksi keadaan.

Apapun jenis helm yang digunakan, hal yang paling penting adalah pastikan bahwa helm digunakan nyaman untuk kepala pengendara dan sudah berlabel Standar Nasional Indonesia (SNI).