LAMSEL -(deklarasinews.com)- Secara teknis knalpot adalah saluran pembuangan dari sisa hasil pembakaran yang terjadi dalam mesin kendaraan bermotor. Coba bayangkan jika motor tanpa knalpot, gas buang akan otomatis keluar langsung tanpa halangan. Menyebabkan suara gas hasil pembakaran yang keluar menjadi bising dan aneh.
Selain itu, knalpot diaplikasikan sebagai pemanis yang dapat membuat kendaraan Anda tampil dengan ciamik. Terbukti dengan ada begitu banyaknya pilihan bentuk knalpot yang bisa Anda pilih. Biasanya, knalpot-knalpot dengan bentuk unik khusus digunakan untuk motor modifikasi yang diikut sertakan dalam kompetisi.
Dari fungsi wajib hingga fungsi estetika semata, knalpot adalah bagian wajib dari kendaraan bermotor yang wajib ada. Lantas, bagaimana jika knalpot yang kita gunakan pada kendaraan bocor? Apakah harus langsung diganti?
Bagaimana jika membiarkan knalpot bocor tersebut dalam kurun waktu yang lama? Nah, pada artikel berikut ini kami akan memberikan sedikit ulasan mengenai dampak buruk dari membiarkan knalpot yang bocor dalam jangka waktu lama.

1. Suara yang dihasilkan menjadi bising dan aneh
Umumnya knalpot bocor terjadi karena adanya karat. Karatan pada knalpot biasanya terjadi karena endapan air dalam komponen exhaust pipe. Air yang mengendap tersebut akan menimbulkan karat pada knalpot dan menyebabkan komponen ini bocor. Bagian pembuangan pembakaran yang bocor, akan menimbulkan suara bising yang kurang nyaman di dengarkan oleh telinga. Hal tersebut dikarenakan kebocoran pada knalpot menyebabkan suara yang dihasilkan tidak tersaring. Sama seperti pengandaian jika motor tidak memiliki knalpot sebelumnya. Suara pembuangan hasil pembakaran akan memiliki suara aneh entah itu kasar, bising atau mendesis. Tidak memiliki suara seperti biasanya. Jika Anda mendengar suara seperti itu pada knalpot saat mesin dinyalakan, Anda perlu mengecek ulang kondisi knalpot agar tidak berpengaruh pada performa motor saat digunakan berkendara.

2. Panas berlebih yang dialami oleh motor
Usia motor mempengaruhi kinerja bagian motor lainnya. Kebocoran pada knalpot bisa jadi dikarenakan umur knalpot yang lama. Jika tidak segera diganti, kebocoran tersebut dapat menyebabkan turunnya kinerja pada sektor dapur pacunya. Hal itu dikarenakan, pada knalpot yang bocor sirkulasi pendinginan menjadi tidak stabil. Pendinginan yang tidak stabil itu berdampak kepada kekuatan mesin. Mesin yang seharusnya bekerja dengan normal, menjadi lebih berat dan panas (overheat). Kondisi overheat pada motor yang terus dibiarkan akan cukup membahayakan. Karena jika tidak cepat diperbaiki, hal tersebut akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Nggak mau kan hanya karena knalpot bocor, jadinya harus ganti komponen motor yang lain?

3. Konsumsi bahan bakar yang menjadi boros
Penyebab knalpot bocor lainnya yaitu kebiasaan pengendara yang suka gonta-ganti knalpot. Knalpot yang sering dimodifikasi dengan tidak semestinya menimbulkan resiko terjadinya kebocoran. Proses modifikasi yang tidak dilakukan dengan benar seringkali menyebabkan knalpot mengalami benturan. Secara langsung benturan itu akan menyebabkan penyok yang membuat kebocoran pada knalpot. Padahal salah satu kebocoran knalpot mengakibatkan borosnya bahan bakar. Kondisi borosnya bahan bakar terjadi ketika sisa bahan bakar yang dibakar ikut keluar bersamaan dengan gas buang.  Jika dikalkulasikan, materi yang dikeluarkan untuk modifikasi motor tidak sebanding dengan borosnya bensin yang harus dibeli setiap harinya.

4. Pembakaran yang tidak bekerja secara maksimalHujan adalah peristiwa alam hal yang tidak bisa dihindari oleh para pengguna motor. Bisa jadi knalpot yang bocor tersebut berkarat dikarenakan oleh air hujan. Mengingat air hujan mengandung asam yang cukup tinggi. Motor yang basah dan kotor karena air hujan sebaiknya langsung dibersihkan atau dibilas dengan air bersih. Karena, jika tidak hal tersebut dapat menyebabkan knalpot menjadi cepat berkarat.

Knalpot yang berkarat dan berlubang dapat mengganggu proses pembuangan gas. Gangguan tersebut diakibatkan karena tidak optimalnya campuran bahan bakar dan udara. Sehingga, tenaga yang dihasilkan menyebabkan mesin motor tidak berfungsi secara optimal. Tidak maksimalnya kinerja mesin tersebut, jelas akan mempengaruhi kenyamanan pengendara ketika menggunakan motor.

Kerusakan sedikit pada knalpot ternyata memiliki dampak yang banyak. Dimulai dari bisingnya suara, borosnya bahan bakar hingga kerusakan pada komponen motor yang lainnya. Bahkan berakibat pada mesin yang mengalami overheat.

Tentu dalam berkendara keamanan dan kenyamanan menjadi prioritas utama. Karena itu, sebelum berkendara pastikan terlebih dahulu motor dalam performa yang baik. Salah satunya yaitu dengan mengecek kerusakan pada knalpot. Pengecekan juga harus dilakukan secara rutin. Dan terakhir, selalu melakukan pencegahan dengan membersihkan bagian knalpot dari air maupun kotoran yang menumpuk.

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.