PALEMBANG -(deklarasinews.com) — Gubernur Sumsel H Herman Deru mengapresiasi  49  inovator yang telah memberikan kontribusinya dalam kemajuan pembangunan di Provinsi Sumsel.

“Saya terkesimah malam hari ini didengungkan orang-orang- orang hebat yang punya inovasi luar biasa. Bisa dibayangkan hampir 9 juta penduduk Sumsel hanya bapak-ibu yang dinobatkan sebagai inovator dalam memajukan Provinsi Sumsel,” kata Herman Deru pada saat acara Anugerah Inovator Provinsi Sumsel Tahun 2023 di Griya Agung Palembang, Jumat (22/9) malam.

Herman Deru mengatakan penghargaan yang diterima   bukan tujuan utama melainkan yang lebih penting adalah  keikhlasan dalam memberikan pemikiran, tenaga dan jiwa raga dalam  berkontribusi  dalam  pembangunan  Sumsel.

“Piala dan penghargaan yang diterima bukanlah tujuan melainkan bagaimana keikhlasan yang diberikan untuk kemajuan daerah,” paparnya.

Herman Deru tegaskan  penghargaan inovator yang sudah berjalan tiga tahun dari tahun 2020 hingga 2023 ini tidak lain agat daerah ini lebih maju dengan berbagai kemudahan-kemudahan  tentunya melalui inovasi yang dilakukan.

“Saya sangat menghargai kontribusi yang telah diberikan para inovator.  Inovasi yang dihasilkan ini agar dapat di masifkan ataupun diterapkan di tengah masyarakat sehingga benar-benar bermanfaat,” tambahnya.

Inovasi lanjut Herman Deru biasa dalam meterial dan non material seperti perubahan mindset salah satunya Program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang mana dari pembeli menjadi penghasil.

Dalam  kesempatan ini Gubernur Herman Deru juga tidak menyangka  dirinya dinobatkan sebagai Dewan Pembina Inovator oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian.

“Benar-benar saya tidak menyangka  dinobatkan sebagai Dewan Pembina Inovator oleh Menteri Dalam Negeri. Artinya kita tidak mengejar penghargaan tapi kita kerja sesuai dengan amanah dan tanggung jawab yang diberikan,” imbuhnya.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sumsel, H. Alamsyah dalam laporannya  mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Herman Deru memberikan penghargaan   kepada para inovator.

Dia merinci  penerima penghargaan inovator tahun 2023  sebanyak 49 orang dengan 16  kategori, diantaranya Siswa SLTA Inovatif, Mahasiswa Inovatif, Guru SD/SMP Inovatif, Guru SLTA Inovatif, Masyarakat Umum Inovatif, Pengelola Bumdes Inovatif, Penyuluh Inovatif Bidang (Pertanian, Perikanan, Kehutanan, Perkebunan dan Peternakan), Tenaga Kesehatan Inovatif, Camat Inovatif dan Ketua TP PKK Kecamatan Inovatif.

Kemudian, ASN Pemprov Sumsel Inovatif, Inovasi Terfavorit Tayangan One Day One Innovation, Dosen Inovatif, Peneliti Inovatif dan Ketua TP PKK Kabupaten/Kota Inovatif

Turut hadir Ketua Tim PKK Sumsel, Hj Febrita Lustia HD, Sekda Sumsel, SA Supriono, Forkopimda Sumsel/mewakili, Bupati Kabupaten Lahat, Cik Ujang, Pj. Bupati OKU, Teddy Meilwansyah, Wakil Bupati Ogan Ilir, H Ardani, dan Ketua TP PKK Kabupaten/Kota.(ril/ning)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.