ASAHAN  – (deklarasinews.com) –  Sabam Parjuangan, M.Kom., Dosen IIB Darmajaya kembali menjadi pembicara dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Sumatera II, Kabupaten Asahan, Senin (26/7/2021). Kegiatan itu terselenggara atas kerjasama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan Provinsi Sumatra Utara.

Dosen Sistem Komputer ini sebelumnya pada Jumat (23/7/2021) juga menjadi pembicara dalam kegiatan serupa dengan materi berbeda. Kali ini Sabam–biasa dia disapa–menyampaikan materi tentang “Tips dan Pentingnya Internet Sehat” kepada guru dan pelajar SMA di Kabupaten Asahan melalui ruang pertemuan zoom.

Menurut dia, Internet Sehat sangat dibutuhkan oleh pengguna. “Internet Sehat sangat penting bagi kesehatan jiwa dan raga kita. Apa internet sehat? Penggunaan internet dari diri kita dalam menjalankannya di dunia maya atau online tanpa adanya ancaman ataupun gangguan,” ucapnya.

Dosen yang sedang menempuh studi program doktoral di Institut Teknologi Bandung (IITB) ini juga menjelaskan beberapa potensi ancaman yang terjadi di internet. “Kegiatan berselancar unduh atau unggah berpotensi terjangkiti oleh spam, malware, spyware, dan phishing,” ujarnya.

Sabam menjelaskan dalam mengakses media sosial juga sering terjadi ancaman tersebut. “Seperti penggunaan data privasi oleh orang lain dan merugikan diri kita. Juga bertebarannya informasi hoax yang membuat penggunaan internet menjadi tidak baik,” bebernya.

Ancaman-ancaman tersebut, lanjut dia, harus dihindari dan sangat berhati-hati ketika mendapatkan sesuatu hal yang tidak normal. “Spam termasuk ke dalam daftar masalah keamanan yang serius karena dapat digunakan untuk mengirimkan trojan, virus, worm, spyware, dan sasaran serangan phishing,” kata dia.

Email ataupun akun pribadi lain, kata Sabam, jangan sampai mengunduh tautan ataupun link yang dicurigai sebagai malware. “Malware akan berusaha mengeksploitasi kelemahan pada sistem,” imbuhnya.

Sabam juga mengatakan adanya situs iklan ataupun link tertentu yang muncul di laman ataupun email agar tidak membukanya langsung. “Bisa dilakukan verifikasi dengan mengecek di laman yang tersedia di search engine untuk memastikan apakah link atau iklan tersebut termasuk spyware,” tuturnya.

Dia berpesan untuk selalu menggunakan internet sehat agar psikologis menjadi sehat. “Tidak hanya sehat fisik ketika olahraga tetapi dalam berselancar juga diharapkan dapat sehat dengan mengakses konten positif untuk menghindari ancaman-ancaman tadi,” tutupnya.

Kegiatan Webinar dihadiri oleh ratusan peserta yang sebelumnya juga dibuka Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi. Dalam kegiatan tersebut juga terdapat narasumber lain yang berasal dari Relawan TIK, Modelling, dan Pustakawan. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.