BANDARLAMPUNG -(deklarasinews.com)- PT Tunas Dwipa Matra (TDM) selaku main dealer sepeda motor Honda di Lampung bersama PT Astra Honda Motor (AHM) gelar Festival Vokasi Satu Hati 2023 bagi 22 SMK Teknik Bisnis dan Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di Lampung. Beragam rangkaian kegiatan bagi para siswa/siswi serta para tenaga ajar sebagai langkah sinergi bisnis sepeda motor Honda dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri di Indonesia (DUDI) dengan menghadirkan kompetensi yang merata di semua wilayah yang ada SMK mitra binaan.

Festival Vokasi Satu Hati 2023 sudah dimulai sejak Januari hingga April nanti secara bertahap dari tingkat sekolah hingga regional bekerja sama dengan main dealer Honda di seluruh Indonesia. Kegiatan ini akan memilih 27 siswa dan 40 guru terbaik untuk mengikuti seleksi tingkat nasional pada Mei 2023.

Di ikuti oleh 22 siswa dan 22 guru dari 22 SMK TBSM Astra Honda di Lampung, para siswa minimal kelas XI dan tenaga pengajar yang telah mengikuti pelatihan modul dasar teknik dan bisnis sepeda motor mengikuti kegiatan ini dengan mendaftar di sekolah masing-masing melalui berbagai tahapan seleksi. Para peserta dilakukan unjuk keahlian dalam perawatan dan perbaikan sepeda motor Honda dengan bahan uji materi sesuai kurikulum yang diterapkan.

Selain gelaran adu pengetahuan, pada Festival Vokasi Satu Hati 2023 ajang ini juga akan dilaksanakan Nasional Assessment for SMK. AHM bersama Main Dealer akan mengalibrasi kesiapan pengembangan pendidikan vokasi dari sisi fasilitas, kegiatan implementasi kurikulum, hingga kesiapan tenaga ajar di SMK mitra binaan.

Kegiatan ini akan memberikan apresiasi kepada mereka yang berprestasi dan terbaik dalam kontes keterampilan Astra Honda untuk sekolah vokasi yang akan mengedepankan sisi pengetahuan teknis sepeda motor Honda.

Digelaran Tehnical Skill Contest For Vocational School di tingkat regional Lampung yang diadakan pada Senin 20 Maret 2023 ini didapatkan juara untuk siswa SMK, yakni Mahardika Fransta Dewa dari SMK Ma’arif Purbolinggo, yang berhasil meraih juara pertama. Di susul oleh Bagus Setiawan dari SMKN 1 Tanjung Raya sebagai juara kedua dan Genta Lindau Pratama dari SMK Angkasa Sribhawono sebagai juara ketiga.

Sementara itu, untuk juara pertama kontes guru diraih oleh Hendi A.Md dari SMK Ma’arif Purbolinggo, juara kedua Agus Suriawan dari SMKN 1 Tanjung Raya dan juara ketiga oleh Angela Mahardian Saputra dari SMKN 2 Kalianda.

”Dengan semangat Sinergi Bagi Negeri, kami terus berkomitmen untuk menghasilkan generasi unggul di bidang vokasi dengan terus berupaya mendorong hadirnya pendidikan berkualitas dengan tenaga ajar yang kompeten dengan dukungan sarana fasilitas sekolah yang baik. Program monitoring dan kalibrasi juga kita lakukan secara rutin agar dapat menjaga kualitas ajar di sekolah SMK mitra binaan,” ujar SHEP Manager TDM Adi Chanserrio.(*)