JAKARTA -(deklarasinews.com)- Pertemuan diseminasi informasi terkait imunisasi dalam rangka pekan imunisasi dunia 2024 dilaksanakan secara hybrid di Ruang Pola, Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (25/4). Tema yang diangkat dalam peringatan pekan imunisasi dunia 2024 adalah Imunisasi Lengkap, Indonesia Kuat.

Saat membuka kegiatan tersebut, Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara, Abdul Khalit menerangkan bahwa pekan imunisasi dunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dalam melaksanakan imunisasi sebagai upaya untuk mencegah Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I).

“Peringatan pekan imunisasi dunia 2024 merupakan momentum utama dan strategis bagi seluruh unsur masyarakat agar secara kolektif dapat meningkatkan kembali kesadaran dan partisipasi aktif untuk meningkatkan cakupan imunisasi demi perlindungan seluruh kelompok usia guna mencapai eradikasi dan eliminasi PD3I,” jelasnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk segera melengkapi status imunisasi anak. “Vaksinasi itu tidak perlu ditakutkan karena sebagai upaya perlindungan agar generasi penerus kita terbebas dari penyakit yang mematikan,” ungkap Abdul Khalit.

Untuk itu, diperlukan sinergi dalam pencapaian target imunisasi. “Kita semua merapat para pejuang kesehatan untuk menyukseskan pekan imunisasi dunia dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Jakarta Utara,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Sudin Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Utara, dr. Ika Dewi Subandiyah menjelaskan, kegiatan pertemuan diseminasi informasi terkait imunisasi dengan petugas kesehatan dan lintas sektor sebagai rangkaian pekan imunisasi dunia.

Acara ini kita lakukan supaya bisa meningkatkan penerimaan warga terhadap imunisasi. Tahun kemarin, cakupan imunisasinya sudah mencapai 106 % namun belum merata. Untuk tahun ini diharapkan bisa merata 100 % di tingkat RW sehingga butuh kerjasama dengan Camat, Lurah, dan lainnya,” ujarnya. (WBO)

Tinggalkan Balasan