GUNUNGSITOLI – (deklarasinews.com)– Pemerintah Kota Gunungsitoli gelar Konferensi Pers, bertempat Aula Pertemuan Lantai 2 Kantor Walikota Gunungsitoli pada hari Kamis (30/5/2024).

Dikesempatan itu Walikota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE, M.Si memaparkan capaian serta program kerja Pemerintah Kota Gunungsitoli.

“Kami mohon di maklumi, bila sejak saya di lantik sebagai Walikota definitif, baru hari ini bisa kita laksanakan konferensi pers, kami juga mohon di maklumi, karena kegiatan ini kita laksanakan di ruang rapat lantai 2, hal ini salah satu langkah untuk efisiensi anggaran,” terangnya.

Dalam pemaparannya, Sowa’a Laoli menyampaikan kegiatan Pemerintah Kota Gunungsitoli tahun 2014 baik dari sisi pelayanan, pembangunan yang terus dilaksanakan secara maksimal sesuai kondisi kemampuan daerah

“Dalam penyajian penata usahakan laporan keuangan Tahun 2023, Pemko Gunungsitoli mendapatkan WTP, capaian ini karena kita berhasil memberi penjelasan sesuai standar pengelolaan keuangan dan seluruh penata usahaan telah kita tampilkan sesuai dengan yang sudah kita laksanakan tahun 2023. Jadi WTP ini kita dapatkan karena kita sudah berhasil menyajikan penata usahaan keuangan secara wajar, secara jujur kepada BPK RI,” ungkapnya.

Sowa’a Laoli mengatakan bahwa Pemerintah Desa di Kota Gunungsitoli telah menerapkan transaksi Non tunai dalam pengelolaan Dana Desa.

“Walaupun pada tahun ini tidak semua, tetapi kita bersyukur bahwa kegiatan ini sudah di mulai dan berdasarkan informasi bahwa transaksi non tunai pengelolaan keuangan desa ini adalah yang pertama di Sumatera Utara,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa, Pemerintah Kota Gunungsitoli telah meluncurkan Program Beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan berkemampuan asal Kota Gunungsitoli.

“Kita telah bekerjasama dengan UNIAS dalam program ini, Tahun ini kita akan memberikan beasiswa penuh uang kuliah kepada 100 mahasiswa terpilih dan saat ini tim sedang melakukan seleksi, kita fokus kepada mahasiswa yang berprestasi dan berkemampuan,” ungkapnya.

Sowa’a Laoli juga mengajak para insan Pers untuk bersama-sama menyuarakan kepada Pemerintah Provinsi terkait dengan kondisi jalan yang sangat memprihatikan di wilayah kepulauan Nias ini pada Umumnya dan di wilayah Kota Gunungsitoli khususnya.

“Saya mengajak para rekan-rekan Wartawan untuk bersama-sama menyuarakan tentang kondisi jalan yang sudah rusak dan sangat memprihatikan diwilayah kepulauan Nias ini, karena sudah beberapa kali kami sampaikan kepada pemerintah Propinsi dan pusat agar dapat memperhatikan jalan yang sangat memprihatikan di kepulauan Nias karena rusak berat, namun sampai saat ini belum ada respon dan tindak lanjut,” harap Sowa’a.

Hadir pada kegiatan tersebut yaitu Sekda Kota Gunungsitoli, para Asisten, para kepala SKPD, dan para Insan Pers. (Toro Harefa)

 

 

Tinggalkan Balasan