TUBA -(deklarasinews.com)- Kelompok dua Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung (Unila) di Desa Makartitama, Kecamatan Gedung Aji Baru, Kabupaten Tulang Bawang berhasil menggelar Sosialisasi dan Praktik Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari bahan baku Gedebog Pisang. Kegiatan yang dipimpin mahasiswa Program Studi Agroteknologi, Tyara ZetaViska, dilaksanakan pada Kamis, 8 Februari 2024.

Dalam upaya memanfaatkan gedebog pisang yang berlimpah, mahasiswa Unila berhasil mengolahnya menjadi pupuk organik cair yang bernilai tinggi. POC yang dihasilkan dari bonggol pisang ini memiliki peran penting dalam pertumbuhan tanaman, serta membuat tanaman menjadi lebih toleran terhadap penyakit.

Kandungan asam fenolat yang tinggi dalam POC ini juga membantu dalam pengikatan ion-ion penting seperti Al, Fe, dan Ca, yang kemudian mendukung ketersediaan fosfor dalam tanah untuk mendukung proses pembungaan dan pembentukan buah.

Keunggulan utama dari POC ini adalah kemudahannya dalam tersedia, tidak merusak tanah dan tanaman, serta kemampuannya untuk diserap baik melalui akar maupun daun tanaman. Selain itu, formulasi larutan yang dimiliki POC ini memungkinkan penyerapan nutrisi tanaman menjadi lebih baik, sehingga memberikan nutrisi sesuai dengan kebutuhan tanaman secara merata.

Diharapkan, praktik pembuatan POC ini tidak hanya memberikan manfaat bagi tanaman saja, tetapi juga membuka wawasan baru bagi masyarakat dalam memanfaatkan gedebog pisang secara lebih efektif dan berkelanjutan.(Red)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.