YAPEN -(deklarasinews.com)- Pemilihan serentak Kepala Daerah Gubernur / Wakil Gubernur / Bupati / Wakil Bupati / Walikota / Wakil Walikota pada 27 November tahun 2024 mendatang semakin menarik perhatian penyelenggara, dimana KPU Kabupaten Kepulauan Yapen kini sedang melakukan beberapa tahapan di antaranya melakukan retrukmen anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat Kelurahan dan Kampung.

Dalam tahapan pembentukan badan adhoc, saat ini KPU Yapen sedang melakukan tes  wawancara  terhadap  884  calon anggota PPS di Kantor setempat di jalan Maluku Serui. Untuk  mendapatkan 495 anggota PPS yang kompeten. Hal ini disampaikan Ketua KPU Yapen, Zakeus Rumpedai, saat ditemui wartawan disela-sela Wawancara di ruang kerjanya Rabu, (22/5/2024).

Ketua KPU menjelaskan bahwa jadwal wawancara calon anggota PPS untuk pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati di Kabupaten Kepulauan Yapen tahun 2024 akan berlangsung selama dua hari, yaitu dari Rabu hingga Kamis, 22-23 Mei 2024.

“Khusus hari Rabu, kami melayani Distrik Yapen Selatan, Anotaurei, Kosiwo, Yawakukat, Angkaisera, Kepulauan Ambai, dan Nusawani,”.

Sedangkan jadwal wawancara untuk hari Kamis, 23 Mei 2024, melayani Distrik Teluk Ampimoi, Yapen Timur, Raimbawi, Pulau Kurudu, Yapen Barat, Wonawa, Pulau Yerui, Yapen Utara, Windesi, dan Poom.

Rumpedai, juga mengatakan bahwa animo masyarakat Yapen untuk menjadi calon PPS sangat tinggi. Hal ini terbukti dari jumlah peserta yang mengikuti ujian tertulis sebanyak 1.001 orang baru terjadi di Pilkada ini.  Yang lolos dari ujian tertulis berjumlah 884 orang sehingga hari ini  berhak lanjut ke tahap wawancara.  Setelah  tes wawancara masuk pada  tahapan selanjutnya adalah penetapan hasil anggota PPS berjumlah 495 untuk  di tempatkan di 160 kampung dan 5 kelurahan di 17 distrik se Kepulauan Yapen, “ujarnya.

Ketua KPU menegaskan bahwa proses seleksi ini harus diikuti langsung oleh para peserta untuk memastikan transparansi dan kualitas dalam pemilihan anggota PPS yang akan bertugas pada Pilkada 2024 mendatang. Penguji dalam seleksi ini adalah jajaran Komisioner, Kasubag dan staf di sekretariat KPU Yapen, “tegas Zakeus.

Zakeus,  menekankan pentingnya kehadiran peserta dalam wawancara ini sebagai bagian dari komitmen KPU untuk menjaga integritas dan profesionalisme dalam pelaksanaan pemilu.

“Kami ingin memastikan bahwa setiap calon anggota PPS memiliki kompetensi dan integritas yang tinggi, sehingga proses pemilu dapat berjalan dengan lancar dan terpercaya,” Jelas  Ketua KPU Yapen.

Seleksi ini diharapkan dapat menghasilkan anggota PPS yang kompeten dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik dalam menyukseskan Pemilu 2024.

Pantauan media di sekretariat KPU menunjukkan bahwa antrean ratusan warga sebagai calon anggota PPS berlangsung dari pagi hingga malam, dengan aktivitas para Komisioner dan staf KPU yang terus bekerja untuk melayani proses seleksi ini.(GM).

Tinggalkan Balasan