METRO -(deklarasinews.com)- Berdasarkan penelitian hanya 35 persen penduduk Indonesia yang dapat membaca huruf Alqur’an, “dilansir news.detik.com.

Jenjang pendidikan mahasiswa saja masih banyak yang belum minat dan dapat membaca  Alqur’an dengan lancar.

Berangkat dari situlah ide dan gagasan Ketua  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro Ma’had AlJami’ah” Syaifulloh, M.A. mengadakan Placement test Baca Huruf Alqur’an kepada mahasiswa semester Genap sebanyak 780 mahasiswa diadakan di Jl.Kihajar Dewantara Kampus 15 A Iring Mulyo Metro Timur  Kota Metro, Lampung, Gedung Munaqosyah IAIN Metro hari (Sabtu 25 Februari 2023) dari pukul 08.00-15.30 Wib.

IAIN Metro Ma’had Al Jami’ah merupakan contoh bagi jenjang pendidikan yang ada di Lampung telah mengadakan test Baca AlQur’an bagi mahasiswanya.

Diadakannya test tersebut merupakan salah satu tolak ukur kemampuan mahasiswa minat dan dapat membaca Alqur’an sehingga menjadi prasyarat saat pengajuan Proposal dan wisuda sehingga mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro  sudah dapat membaca Alqur’an dengan Lancar, tartil sesuai Makhroj hurufnya ketika terjun di masyarakat, tutur Syaifulloh.

IAIN bekerja sama dengan Yayasan  Team Darul Qiro’ah Lampung untuk sebagai penguji dan team media, Adapun team penguji dari Darul Qiro’ah Lampung Ustad.Husein Baihaqi, Ustadz Subhan, Ustadz Arnasa, Ustadz Beni, Ustadz Muhdi Kholil, Ustadz Yusuf dan Novis team media sebagai team syi’ar dakwah Yayasan Darul Qiro’ah Lampung sehingga di Lampung bisa terwujud semua jenjang pendidikan  dapat dilaksanakan test Baca Alqur’an.

Setelah dilaksanakannya test Baca Alqur’an , Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro tidak serta merta berhenti disini namun menganalisis dibagi beberapa kelompok diadakan pembinaan dengan bekerja sama Yayasan Darul Qiro’ah Lampung.

Yayasan Darul Qiro’ah Lampung yang akan membina dengan metode Baca Alqur’an Cepat, Mudah dan Menyenangkan sebagai Trainer Of Tutor yang sudah bisa dan Lancar sehingga ilmunya bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari dan diakui dan bagi yang belum lancar  dalam waktu cepat tempo tiga bulan akan bisa membaca Alqur’an dengan makhroj yang baik dan benar, ” Tutur Ustadz Husein selaku ketua Yayasan Darul Qiroah Lampung.

Harapan dari Team Darul Qiro’ah Lampung, Gubernur Lampung, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Wali kota dan Bupati Se-Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Lampung dapat menjadikan seluruh jenjang pendidikan untuk dapat menerapkan dan menjadikan Ekstra kurikuler Baca Tulis Alqur’an dijenjang SD-SMA karena miris mahasiswa yang notebenenya sudah akil baligh belum mampu membaca Alqur’an sehingga tidak ada lagi masyarakat yang Buta Huruf Alqur’an.(Novis)

Tinggalkan Balasan