PALEMBANG – (deklarasinews.com) – Bertempat di Musholla Asy Syuraa Komplek Puri Tanjung Asri RT. 57 RW. 06 Kelurahan Bukitsangkal Kalidoni Palembang diadakan Sarasehan tahun 2021 Kecamatan Kalidoni yang dihadiri oleh para Ketua Rukun Tetangga (27, 28, 29,30, 57, 31, 32, 33, 34, 35, 36) dan Ketua Rukun Wangga 06 dan 07 bersama Camat Kalidoni, Kapolsek Kalidoni, Danramil 418-05 Lemabang, Lurah se-Kecamatan Kalidoni, Jum’at (15/1) malam.

Sabarno Ketua RT. 57 selaku tuan rumah sarasehan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Lurah Bukitsangkal Yuli Muliani menunjuk RT. 57 sebagai tuan rumah  sarasehan kali ini, suatu penghargaan bagi kami dan ini perdana bagi kami sebagai tuan rumah acara yang diadakan oleh pemerintah setempat, ujarnya.

Plt. Camat Kalidoni Palembang M. Rama Cahya Putra dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk bersilaturrahmi sekaligus menjadi program kecamatan Kalidoni tahun 2021 untuk menemui warga melalui ketua RT dan RW di lingkungan kecamatan Kalidoni bekerjasama dengan Kapolsek, Danramil dan Lurah se-Kalidoni dan hari ini perdana dilaksanakan untuk para RT di lingkungan RW. 06 dan RW. 07 Kelurahan Bukitsangkal, saya ucapkan terimakasih kepada pak Sabarno ketua RT. 57 yang berkenan untuk menjadi tuan rumah pertemuan ini.

Selain silaturrahmi dalam pertemuan ini kami juga ingin menyampaikan informasi pemerintah kepada ketua RT dan RW baik tentang program pemerintah kecamatan dan isu nasional yang sedang berkembang saat ini.  Dampak pandemi covid-19 kita sudah jarang bertemu dalam suatu aktivitas karena ada pembatasan untuk memutus rantai pandemi covid-19.

Kami minta kepada para ketua RT dan RW untuk membantu kami sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk tidak bosan-bosannya mensosialisasikan prokes 3M kepada masyarakat karena pandemi belum berakhir walaupun vaksin sudah mulai diluncurkan. Vaksin covid-19 tahap pertama baru dikhususkan untuk para tenaga kesehatan, tahap kedua kepada aparatur pemerintah dan selanjutnya baru untuk masyarakat.

Mengenai isu-isu negatif yang berkembang ditengah masyarakat tentang vaksin covid-19 kami berharap para RT dan RW untuk tidak mudah terpropokasi oleh informasi di media sosial yang tidak bisa dipertanggung jawabkan karena tidak mungkin pemerintah akan mencelakakan masyarakatnya. Jika vaksin telah siap untuk kecamatan Kalidoni kami Camat dan Lurah lebih dulu yang akan di vaksin agar masyarakat yakin bahwa vaksin itu aman, kita berharap dengan adanya vaksin covid-19 perekonomian akan kembali normal karena kita semua terdampak oleh pademi covid-19 termasuk juga pemerintah kota Palembang.

Selanjutnya dalam kegiatan ini kami juga siap menampung aspirasi masyarakat yang berkenaan dengan pembangunan, skala prioritas kita usulkan lewat musrenbang kecamatan dan kepada para RT dan RW jangan bosan-bosannya untuk mengusulkan kembali jika belum terealisasi mohon bersabar dan jangan berhenti untuk mengusulkan karena itu sudah jadi syarat administrasi.

Kepada para RT dan RW kami mengajak mari kita gali potensi yang ada diwilayahnya masing-masing untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat baik UMKM, Pariwisata dan aktivitas kreatif lainnya, mari kita lakukan sama-sama. Pemerintah kecamatan akan membantu dalam hal publikasi maupun dalam hal lainnya yang dapat kita bantu dan kita lakukan mari kita lakukan bersama, ujar pak camat.

Kapolsek Kalidoni AKP Kusyanto dalam sambutannya mengatakan saya senang dan mendukung program yang diadakan Camat Kalidoni, pada kesempatan ini pula saya bisa berkenalan langsung dengan para RT dan RW di kecamatan Kalidoni. Prinsipnya kami tetap pada tupoksinya Polri dan tidak henti-hentinya kami mengajak para RT dan RW untuk tetap mematuhi dan mesosialisasikan prokes 3M dan bersama-sama kita jaga kamtibmas dilingkungan kita masing-masing dan jika ada masalah kamtibmas bisa berkoordinasi dengan babinkamtibmas.

Mewakili Danramil 418-05 Lemabang Peltu Sugiman mengatakan TNI bekerjasama dengan Polri selalu berkoordinasi dan patroli bersama terutama dalam hal penanganan Covid-19 ditengah masyarakat kami perlu dukungan dari ketua RT dan RW untuk meneruskannya kepada masyarakat dilingkungannya.

Tiba waktunya acara tanya jawab ada beberapa ketua RT yang menyampaikan informasi dan aspirasinya kepada pemerintah yaitu dari ketua RT. 27, 33, 36, 57 dan 32 semuanya mendapatkan tanggapan dan solusi yang baik dari Plt. Camat Kalidoni yang didampingi oleh Lurah Bukitsangkal dan dapat diterima oleh semua peserta sarasehan, terakhir pesan dari Plt. Camat Kalidoni R. Rama Cahya Putra, S.STP, MM, mari kita kompak dan dengan kerjasama semua permasalahan akan menjadi lebih ringan dan akan ada solusinya, pungkasnya. (Nsy)